17 Agustus : Hari Kemerdekaan

By Thursday, August 14, 2014 ,

Indonesia bakal memperingati hari kemerdakan, yakni 17 Agustus mendatang. Berbagai kegiatan mungkin sudah kalian persiapkan buat acara kemerdekaan nanti. Kalo ditempat gue sih, pastinya ada perlombaan menarik. Pengennya sih, diadain pertandingan bola se-RT, tapi dikampung gue cuma ada lapangan bulutangkis, itupun diselimuti dengan kotoran-kotoran hewan jorok nan menjijikkan. Dan seperti biasa, setiap tanggal 17 Agustus, semua orang mengadakan perlombaan. Tapi banyak yang menganggap perlombaan itu sebagai ajang untuk bersaing melawan orang lain, padahal lomba itu kan dimaksudkan buat memperat tali persaudaraan kita (INI BUKAN GUE YANG NULIS).

tupangboy

Apalagi katanya tepat pada tanggal 17 Agustus 2014, Uang baru NKRI resmi beredar. Awalnya gue pikir bakal ada uang pecahan Rp. 3.000,- atau Rp. 4.000,-, eh taunya cuma bahannya aja yang baru.

 "Besarannya masih sama, tidak ada nilai baru, hanya bahannya beda, ya namanya uang baru pasti ada perubahan seperti penambahan tulisan NKRI dan tulisan lainnya"- ungkap seseorang yang tidak mau menyebutkan nama dan hobbynya..

Uang Baru

Topik utama postingan ini bukan tentang uang baru, tapi tentang mantan-mantan gue *eh tentang kemerdekaan Indonesia. Gue mau cerita tentang lomba-lomba yang pernah gue ikuti waktu 17 Agustus.

1. Lomba Makan Kerupuk

Ini nih, perlombaan wajib 17 Agustus.Gue sih, udah sering menang kalo lomba ginian. Karna sebelum lomba, gue bertapa dulu di atap genteng rumah tetangga. 1 jam sebelum pertandingan, gue nganterin makanan kerumah teman-teman gue. Jadi pas perlombaannya dimulai mereka kekenyangan dan gue yang menang. Hahah (TERTAWA LICIK). Akhirnya gue dapet hadiah karna gue menang, (tau dong apa hadiahnya) Sudah jelas, "BUKU dan PENA". Bosan banget sama hadiah ini. Kenapa gak ngasih Motor gitu, atau laptop, atau wifi gratis selama setahun, atau dikasih pacar sewaan gratis selama seminggu 2 hari (NGAREPPPP). Tapi sekarang gue udah gede, karna gue udah gak baca majalah bobo lagi. Gue sekarang hanya bisa melihat adek-adek gue yang ikut lomba makan kerupuk se-RT. Nanti kalo dia menang, gue rampas hadiahnya. #%@%


2. Panjat Pinang

Panjat Pinang

Liat aja tuh mukanya, *bruekk *ngakak. Ini juga termasuk lomba yang paling semarak pas 17 Agustus. Tapi menurut gue lomba makan kerupuk masih memimpin, karna dilingkungan rumah gue gak ada lomba panjat pinang, karna ga ada tanah lapang. Sekalinya ada, gue juga ga akan ikut. Postur badan yang kecil dan tidak mendukung membuat gue ga bisa ikut berpartisipasi dalam perlombaan ini. Jadi gue nungguin hadiah yang jatuh, trus gue tangkap, langsung lari bawa pulang. Sialnya gue selalu ketangkap, waktu mau bawa kabur hadiahnya. Oke fix, lu boleh ambil hadiah itu, tapi jangan pernah kau ambil jodohku *APAAN??. Sampai sekarang gue juga belum pernah ikut panjat pinang. Pernah sih gue dipanggil sama ketua RT. Awalnya gue bingung mau dibawa kemana, ternyata gue dibawa kelokasi panjat pinang. Wuihh senang banget akhirnya gue bisa ikut panjat pinang. Sampai disana gue disuruh ngambil sapu tetangga, terus bersihin lapangannya karna mau ada perlombaan (SIALAN TERNYATA DISURUH NGEBABU).

3. Balap Karung

Balap Karung

Ditempat ketiga ada lomba balap karung. Ini juga lomba yang sering gue ikuti waktu 17 Agustus. Lomba  ini nih lomba yang paling gue ingat, soalnya gue gak pernah menang waktu lomba balap karung. Pernah gue hampir juara, waktu mau garis finish gue malahjatuh terplanting. Gue terplanting kearah emak-emak. Untung emak-emaknya berlemak, akhirnya nyawa gue terselamatkan. Waktu gue berdirim, trus lompat lagi, eh malah jatuh lagi *Sakitnya tuh disini, disini, disini *nunjuk tangan, kaki, pantat. Belum lagi kejadian karung sobek, kaki terkilir, jodoh direbut *eh ini bukan. Lompat-lompat , memang bukan keahlianku. Apalagi lompat-lompat sambil bawa karung, untung karungnya gak diisi kaleng-kaleng. Trus waktu bawa kaleng, tiba-tiba jatuh :D (Sakitnya gak seberapa, malunya itu !).

4. Tarik Tambang

Tarik Tambang
ini ngambil gambarnya pake hape nokia 2MP, jadi agak-agak.

Kalo perlombaan tarik tambang tim gue kagak pernah kalah. Sekalinya kalah juga gak malu-malu amat. Pernah juga waktu tim gue ikut tarik tambang antar sekolah, itu pertama kalinya gue ikut tarik tambang. Gilakk !!! Tangan gue gak bisa ngepal tali tambangnya ternyata. Terpaksa gue diganti sama teman setim gue yang postur badan dan otot nya lebih mendukung (apess).
Tahun berikutnya, pertandingan tarik tambang se-RT. Untuk pertama kalinya ada lomba tarik tambang di daerah se-RT gue. Awalnya ga ada lomba tarik tambang, tapi karna salah satu panitia yang otaknya emang agak gimana gitu' melihat tali jemuran yang lumayan panjang, akhirnya semua setuju agar lomba tarik tambang dibuat. Di babak penyisihan kami menang mudah, dibabak selanjutnya juga kami menang. Tiba saatnya acara puncak. Tim gue ngelawan tim lain yang badannya lebih besar, dan lebih diunggulkan. Set pertama kami memang kalah, tapi di set yang kedua tiba-tiba *tss tali tambangnya PUTUS (asal jangan gue aja yang putus sama si doi). Tim gue sama tim lawan tercampak sejauh mungkin. Untungnya gue bisa ngerem, jadi pas tercampak ga jauh-jauh amat. Semua yang ngeliatin pada ketawa, gue kirain panitia bakalan nyari tali pengganti, ternyata panitia juga ikut ketawa. Dalam hati gue udah marah-marah ke panitia yang waktu itu lagi botak "DASAR BOTAK SIALAN, CARI TALI LAIN, KEK".
Akhirnya gue dan tim lawan, sama-sama mendapat juara pertama (emang bisa ya?).

5. Kelereng Dalam Sendok

 Kelereng

Gue bingung nama permainan ini apa. ("Sendok Kelereng", "Kelereng dan Sendok", "Kelereng Yang Tertukar", "Sendok Mengapa Aku Kelereng", atau "Tukang Kelereng dan Sendok Naik Haji").
Akhirnya gue putuskan namanya Kelereng dalam Sendok. Kalo kalian pernah ikut perlombaan ini, maka masa kecil kalian terselamatkan. Dengan bermodalkan kekuatan gigi dan keseimbangan, lo bisa dapet buku + pena keren dari panitia perlombaan. Sebenarnya gue pengen merekatkan kelereng ke sendok pake Selotip, tapi panitianya memperhatikan dengan mata SHARINGAN yang dia punya. Walaupun gue sering kalah dalam lomba ini, tapi gue tetap dapat buku dan pena dari panitia (Ya iyalah panitianya emak gue). Malahan hadiah yang gue terima lebih banyak daripada yang juara. Jadi, gue gak perlu bertapa lagi buat menangin perlombaan ini.

6. Main PB (Point Blank)

Main PB


Mungkin karna makan kerupuk sudah terlalu mainstream, jadi dibuatlah lomba Main PB. Sebenarnya kagak ada perlombaan ginian di acara 17 Agustus, ini mah akal-akalan gue aja. Siapa tau panitia perlombaan nyasar ke Blog gue, trus dibuat deh lomba Main PB. Lagian kan seru kalo ada lomba ginian, jadi anak-anak, remaja, abang-abang, sampe bapak orang juga bisa ikut main. Terus gue gak dijemput mama lagi ke warnet (kan mama gue panitia lombanya).
Kalo menang hadiahnya dapat 100rb G-Cash + dikasih makan gratis di rumah makan padang. Yang kalah langsung ke rumah makan padang bayarin makan yang menang. Sudahlah, gak bakalan ada lomba ginian waktu 17 Agustus.
Sebenarnya masih banyak perlombaan lain yang belum gue sebutin, tapi karna waktu sudah tak tahan dengan ini semua, sampai sini aja dulu. Barangkali ada yang mau lomba makan tambang atau lomba tarik kerupuk lawan gue, silahkan mampir ke rumah gue.





Merdeka




Sumber gambar:
- http://www.langitberita.com/wp-content/uploads/2011/08/lomba-makan-kerupuk.jpg
- https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQGtVoU-FEs6q_wO_bpazktDd1Ckx43TdbOMlE2stSN7ZdD1Pwk
- http://akuiniobenk.files.wordpress.com/2010/07/balap-karung.jpg
- https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ2VOnKN4YiijEsL5Yf5uJdYVu5oA0dx3XNtmnbkGouf53x0g-t
- https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRqmOwyxuB42ROZua9NpxevRDUn-wJB_Lyl64Mzj7Cw4If_R8UZ
- http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTXUjpmYKsuHhUyCOvqk8B3LwXlkfoJqycVVaW_kpIalf_kG_AEbA
- https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR8cKfapWa4ZEZNknqDFDpHCvf11ZbULHb1s8TVXaIYkyYQ6T2g

You Might Also Like

14 comments

  1. Enak banget, ya, kalo panitianya mama sendiri. Kapan-kapan mama gue bakaln jadi panitia, kayak mamanya, Mas. Hahah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak dong, pasti. Kalo kuenya ada yang sisa, ya kita yang ngunyah. :D

      Delete
  2. mantap ank muda (y)

    ReplyDelete
  3. Ditempat saya panjat pinang, kayaknya sudah terlalu mainstream. kalo tahuhn ini sih, sudah ada kegiatan main pointblank buat ngerayain 17 agustus. ada yang mau ikutan ?

    ReplyDelete
  4. Ngakak baca pstingannya. Tapi, overall keren juga nih postingan.
    Eh, mau nanya nih. Lomba nyari pacar, ada agak ? :v

    ReplyDelete
  5. Mantap, tupang. Sayangnya ditempat ane, tahun ini gak merayakan 17 Agustus :(

    ReplyDelete
  6. "Bukan ajang untuk bersaing, tapi untuk bersatu"
    Mantap, el.

    ReplyDelete
  7. Wahhh kangen rasakan lomba seperti itu.. di daerah tempat tinggal saya sudah tidak ada lomba 17 agustus seperti itu lagi

    ReplyDelete
  8. Enak ya.. jadi ingat masa kecil sering menang lomba makan kerupuk..

    ReplyDelete

Berikan komentar Anda!